Kamis, Desember 15, 2016

Cara Mudah Memasang Anti Copas di Blog


Cara Mudah Memasang Anti Copas - Pada sebuah blog ataupun website, artikel adalah raja dari segala isi yang ada pada blog. Artikel yang unik, asli , bermanfaat bagi para pengunjungnya, adalah yang di sukai oleh mesin pencari Google.

Dengan demikian maka jumlah pengunjung blog akan mengalami peningkatan. Berbeda dengan blog yang hampir semua artikelnya hasil copas atau hasil comot sana sini, maka kredibilitas blog tersebut akan menurun di mata mesin pencari.

Karena alasan mesin pencari dalam hal ini Google adalah memberikan pengalaman pengguna yang terbaik bagi para pengguna layanan Google.

Coba bayangkan, sudah susah payah membangun sebuah blog dengan mengisi konten original, menulis dan menuangkan segala ide menjadi sebuah artikel, kemudian tiba-tiba ada artikel yang sama persis yang di publish di blog lain yang mungkin saja tidak kita kenal pemilik blognya.

Bagaimana rasanya? Sudah di copas habis dan tanpa menyertakan sumbernya juga. Baca juga Cara Mudah Membuat Fitur Related Post.

Cara Mudah Memasang Anti Copas di Blog

Google secara rutin dan berkala akan memperbarui algoritmanya untuk menampilkan hasil pencarian yang terbaik, relevan dan terpercaya. Oleh karena itu Google tidak menyukai blog dengan artikel-artikel hasil copas yang artinya memiliki konten yang sama dengan blog lain. Dengan demikian maka Google akan menandainya sebagai blog spam. Selain itu kamu juga bisa memasang script anti copas pada blog valid AMP.


Beberapa blogger ada yang ingin memproteksi konten blog-nya namun masih bingung bagaimana caranya. Nah, salah satu solusinya adalah dengan memasang anti copas untuk blog agar tidak terjadi lagi "pencurian artikel". Caranya sangat mudah, yaitu dengan langkah seperti ini :

  • Masuklah pada edit HTML pada blog
  • Kemudian cari kode </head> dan letakkan kode berikut di bawah kode </head>

<script type="text/javascript"> 
if (typeof document.onselectstart!="undefined")
{
document.onselectstart=new Function ("return false");

} else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</script >
  • Kemudian simpan template.
  • Cobalah cek untuk mencoba copy artikel yang ada di blog.

Jika kamu menggunakan blog valid AMP kamu juga bisa memproteksi blog kamu agar artikel-artikelnya tidak bisa di copas ke blog lain. Caranya hampir mirip dengan yang non AMP, dan langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke dashboard blogger
  • Pilih tema
  • Cari kode </style> atau juga bisa menggunakan ctrl + f agar lebih mudah dan cepat
  • Setelah ketemu, taruh kode berikut ini tepat diatasnya :

  • 
    /* Pasang Anti Copas Kangagos */ 
    .post-body {-webkit-user-select: none; /* Chrome all / Safari all */ -moz-user-select: none; /* Firefox all */ -ms-user-select: none; /* IE 10+ */ user-select: none; /* Likely future */ }
  • Jangan lupa simpan tema ya

Demikian salah satu usaha untuk melindungi konten blog dan meminimalisir terjadinya artikel yang di copas. Semoga artikel Cara Mudah Memasang Anti Copas dapat bermanfaat bagi temans blogger yang tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Untuk informasi menarik lainnya silahkan cek di bawah ini ya :